Snippet

SIFAT MATERI - KEKENTALAN ZAT CAIR


Berbagai fenomena seperti bau minyak wangi, gelembung sabun dari pipa mainan anak,terapungnya jarum di permukaan air, dapat terjadi berkat peranan suatu daya kuat yang bekerja pada prtikel yang disebut molekul. Setiap molekul zat tertentu merupakan unit terkecil yang masih memiliki semua sifat zat itu. Molekul adalah komponen pembangunanzat cair, gas, dan juga sejumlah zat padat. Molekul itu selalu dalam keadaan bergerak meskipun pada zat padat, kecuali pada suhu teoretis yang disebut nol mutlak.


Zat cair seperto alkohol atau bensin mengalir deras kalau dituangkan dari mulut jerigen. Zat cair lain seperti madu atau kastroli, cenderung merayap keluar kalau dituangkan. Perbedaan itu terletak pada adanya gesekan antar molekul ketika mereka saling berpapasan. Gesekan dalam ini disebut Kekentalan. Madu dan kastroli mempunyai kekentalan yang tinggi. Sebaliknya, alcohol dan bensin kekentalannya rendah.

Andaikan sebilah papan dapat mengambang dipermukaan suatu cairan dalam wadah yang dangkal. Kita dapat menarik papan itu diatas permukaan dengan menggunakan daya mendatar F. percobaan itu membuktikan bahwa makin besar daya F makin besar pula kecepatanpapan itu. Ketika papan itu bergerak, ada lapisan cairan yang menempel dan ikut bergerak dengan kecepatan yang sama, lapisan tipis cairan lain menempel pada bagian dasar wadah dan sama sekali tidak ikut bergerak. Lapisan yang terletak diantara permuakaan dan dasar akan bergerak dengan kecepatan yang semakin cepat dari bawah keatas. Daya lekat antar lapisan menyebabkan terjadi gesekan yang kita sebut kekentalan.

Setiap cairan yang mengalir dalam suatu wadah yang dangkal selalu berubah bentuk. Kita dapat merumuskan kekentalan sebagai daya tahan zat cair terhadap kemungkinan perubahan bentuknya.

Kekentalan suatu zat cair dapat diukur dengan berbagai cara. Salah satu metode ialah dengan menggunakan 2 silinder konsentris. Silinder yang satu diletakkan dalam posisi tetap, sedangkan silinder yang lainnya dibuat berputar dengan kecepatan tetap. Tenaga atau daya putar, yang dipakai memutar silinder pada kecepatan tetap, itulah yang kita ukur. Daya putar itru beragam sesuai dengan kekentalan setiap cairan. Metode yang lain memakai pengukuran tingkat kecepatan aliran yang keluar dari lubang kecil.

Kekentalan zat cair berkurang kalau dipanaskan dan bertambah kalau suhunya turun. Pelumas mesin mobil dapat menjadi sangat kental pada pagi yang dingin sehingga tidak cukup lancer untuk membentuk lapisan pelindung mesin pada saat mesin itu pertama kali dihidupkan. Olehkarena itu, pada pagi hari mobil jangan di pacu gasnya sebelum mesinnya panas. Kekentalan oli pelumas diberi tanmda angka, sesuai dengan system yang ditemukan oleh Perhimpunan Insinyur Mobil (SAE). Tingkat kekentalan oli pelumas penting sekali dalam memilih oli mana yang tepat untuk setiap pemggunaan. Misalnya pada suhu yang sama kekentalan oli pelumas SAE 30 kira-kira dua kali kekentalan oli perlumas SAE 20.

Leave a Reply